Sabtu, 25 Desember 2010

Prinsip Dasar (Basic Principles) Desain Pembelajaran

ADDIE : akronim yang digunakan oleh para ahli teknologi pendidikan. Istilah ini 'booming' di era tahun 1990an. Sebelumnya, di tahun 1980an rumusan ADDIE ini dikembangkan dalam kerangka berpikir sistem dan pendekatan sistem.
Sistem (systems) : istilah ini banyak ditemui di berbagai bidang. Untuk itu, cobalah cari melalui search engine pengertian sistem ini dengan keywords : systems, instructional systems, learning systems. Buat rangkumannya.
Konsep Sistem/Systems : sistem diartikan sebagai kumpulan komponen yang bekerja sama dan bersinergi untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya. Setiap komponen memiliki fungis yang berbeda, salah satu rusak,
maka sistem tidak dapat bekerja.

Rumus ADDIE
Analyze/analysis : peserta didik, analisis kebutuhan, analisis isi (content)

* peserta didik : orang yang belajar, tidak mengenal jenjang,; misalnya siswa SMP, mahasiswa univ...., peserta pelatihan.

* analisis kebutuhan : penelusuran kebutuhan lembaga, ditinjau dari seluruh aspek seperti organisasi, SDM, fasilitas, kepemimpinan, aturan, dst.

* analisis isi : kajian materi / kurikulum, tentang kedalaman, struktur, ragam pengetahuan, serta sifat (prasyarat, dasar, lanjutan) dst.

Design : pengembangan materi secara teoritis sesuai dengan kaidah belajar dan pembelajaran. Kelengkapan kommponen harus sesuai dengan karakteristik model disain pembelajaran.
Develop/Development : tahap pengembangan seluruh komponen yang selesai didisain. Pengembangan ini ditandai dengan pelaksanaan ujicoba terstruktur yang harus dilalui oleh suatu program/produk pembelajaran atau model belajar.
Pelaksanaan ujicoba dilakukan secara bertahap, yakni self-evaluation, one to one, small group dan large group. Hasil setiap tahap digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki program/produk pembelajaran/model belajar.
Implement/Implementation
Evaluate/Evaluation

Pendekatan Sistem (systems approach) adalah pola pemikiran menyeluruh tentang suatu hal agar penyelesaian bisa berhasil dengan baik.

Analisis Topik
pengertian : analisis topik adalah upaya seorang SME untuk mengkaji materi yang akan diberikan atau disampaikan kepada peserta didik. Analisis dilakukan secara bertahap seperti pemilahan topik menjadi subtopik, subtopik dikembangkan menjadi uraian.
Sebagai contoh, penyajian materi dimulai dari yang termudah ke materi paling sulit. Selain itu, penerapan contoh disisipkan untuk memperjelas uraian serta mencegah verbalisme.
pola pemikiran : alur pengembangan yang secara konsisten dilaksanakan sejak awal hingga akhir penyajian materi.
Pola pemikiran merupakan penerapan teori belajar dan pembelajaran penciptaan proses belajar sesuai dengan tujuan, peserta didik, serta situasi belajar.
Alur penyajian dalam modul ini terdiri atas alur linear, branched, serta mindmap. Alur linear dan branched adalah alur konvensional yang biasa ditemui pada pembelajaran terprogram (programmed instruction).

* Linear : penjabaran atau uraian materi yang lurus, langsung, seolah mengikuti garis tertentu.
* Branched : penjabaran atau uraian isi dengan alternatif tertentu. Alternatif ini memiliki tingkat kesulitan setara dengan materi awal.
* Mindmap : penjabaran atau uraian isi yang bersifat menyebar, mengikuti kreatifitas otak seseorang, dengan aspek keterkaitan antar materi itu sendiri.

Sumber : Web-Bali.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar