Senin, 08 Oktober 2012

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN PENULIS/PENYUSUN DALAM MEMBUAT BUKU TEKS PELAJARAN


Berdasarkan PERMENDIKNAS  No 2 Tahun 2008 pasal 1 nomor 3 menyebutkan bahwa buku teks pelajaran pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi yang selanjut-nya disebut buku teks adalah buku acuan wajib untuk digunakan di satuan pendidikan dasar dan menengah atau perguruan tinggi yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, dan kepribadian, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kepekaan dan kemampuan estetis, peningkatan kemampuan kinestetis dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan.
Secara umum dari 5 artikel yang telah kami temukan, dapat dikemukakan dalam penulisan buku teks pelajaran adapun hal-hal  yang harus diperhatikan, antara lain adalah :

a.         Aspek isi
Aspek ini merupakan bahan pembelajaran yang disajikan di dalam bukupelajaran. Isi buku berkaitan dengan tuntutan kurikulum yang berlaku seperti standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator kompetensi. Untuk mencapai kompetensi itu dalam kurikulum telah disebutkan materi pokok bahan ajar.
·                Kriteria materi harus spesifik, jelas, akurat, dan mutakhir dari segi penerbitan.
·                Informasi yang disajikan tidak mengandung makna yang bias.
·                Rujukan yang digunakan, dicantumkan sumbernya.
·                Perincian materi harus sesuai dengan kurikulum.
·                Perincian materi harus memperhatikan keseimbangan dalam penyebaran materi, baik yang berkenaan dengan pengembangan makna dan pemahaman, pemecahan masalah, pengembangan proses, latihan dan praktik, tes keterampilan maupun pemahaman.

b.        Aspek metode pembelajaran
Aspek ini merupakan pemilihan metode pembelajaran yang tepat dilihat dari segi pengembangan materi isi bahan ajar. Metode pembelajaran terkait dengan metode belajar dalam arti bahwa dalam memilih metode pembelajaran,penyusunan buku teks pelajaran perlu mengetahui teori belajar yang sesuai:
·                Penyusunan buku teks pelajaran menyajikan bahan atau contoh nyata/konkrit kemudian mengarah ke yang abstrak.
·                Memberikan kesempatan kepada siswa dalam melakukan pengamatan, praktek serta  diskusi terhadap apa yang ditemukan mereka (kemenarikan minat dan perhatian siswa),
·                Memberikan kesempatan kepada siswa berperan serta dalam proses pembelajaran secara aktif (aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan).

Metode pengembangan bahan ajar perlu mengacu pada :
-          Tujuan pembelajaran
-          Karakteristik peserta dididk
-          Karakter bahan ajar
-          Lingkungan belajar
-          Sumber belajar yang tersedia
-          Alokasi waktu

c.         Aspek bahasa
Aspek bahasa merupakan sarana (alat komunikasi) penyampaian dan penyajian bahan ajar, seperti kosakata, struktur kalimat, panjang paragraf, dan tingkat kemenarikan sesuai dengan minat dan kognisi siswa. Aspek keterbacaan berkaitan dengan tingkat kemudahan bahasa (kosakata, kalimat, paragraph, dan wacana) bagi kelompok atau tingkatan siswa.
Ada tiga ide utama yang terkait dengan keterbacaan, yakni:
1.        Kemudahan membaca (berhubungan dengan bentuk tulisan atau tipografi, ukuran huruf, dan lebar spasi) yang berkaitan dengan aspek grafika;
2.        Kemenarikan (berhubungan dengan minat pembaca, kepadatan ide bacaan, dan penilaian keindahan gaya tulisan) yang berkaitan dengan aspek penyajian materi;
3.        Kesesuaian (berhubungan dengan kata dan kalimat, panjang-pendek, frekuensi, bangun kalimat, dan susunan paragraf) yang berkaitan dengan bahasa dan keterbacaan.

Hal-hal yang mempengaruhi penggunaan bahasa yang efektif dan efisien ialah pilihan kata (diksi), kaidah-kaidah bahasa yang baik dan benar, susunan serta struktur kalimat dan paragraf serta gaya bahasa.  Dalam menggunakan bahasa perlu memperhatikan :
-          Kemampuan bahasa peserta didik
-          Kaidah-kaidah bahasa
-          Karakteristik bahan ajar
-          Lingkungan sosial budaya setempat.

d.        Aspek ilustrasi
Ilustrasi berfungsi untuk memperjelas konsep /teori dan dapat dibuat dalam bentuk gambar, tabel, grafik, diagram, sketsa, denah, peta atau potret. Dengan ilustrasi, uraian dapat dibuat menjadi lebih singkat, jelas, terfokus dan menarik. Dalam membuat ilustrasi perlu diperhatikan hal-hal berikut :
·                Relevansi ilustrasi dengan konsep atau fenomena yang hendak dijelaskan (Ilustrasi harus sesuai dengan teks)
·                Ketepatan dan kesesuaian ilustrasi
·                Warna, khususnya jika warna tersebut mengandung makna
·                Penempatan ilustrasi, ditempatkan sedekat mungkin dengan konsep yang dijelaskan dengan ilustrasi.
·                Peta, tabel, dan grafik harus sesuai dengan teks, harus akurat, dan sederhana.

e.         Aspek dalam unsur-unsur grafika
Dalam penyusunan buku teks, keahlian dalam menguasai kegrafikaan ini sangat diperlukan. Karena ketika hal tersebut telah dikuasai, maka penampilan fisik pada buku teks pelajaran akan dapat membangkitkan motivasi peserta didik dalam membaca serta mempelajarinya. Hal-hal yang berkaitan dengan kegrafikaan ini dibahas oleh perancang buku (book designer) penerbit dan penyusun buku teks pelajaran. Yang termasuk kedalam unsur grafika adalah :
-                 Desain buku
-                 Kertas dan ukuran buku
-                 Tipografi
-                 Tata letak kulit dan isi buku
-                 Disamping untuk daya tarik, unsur-unsur grafika diatas mempengaruhi harga produksi buku pelajaran.

PETUNJUK TEKNIS PENULISAN BUKU TEKS PELAJARAN
Untuk melakukan penulisan buku teks, dibawah ini ada beberapa    petunjuk praktis yang dapat dijadikan pedoman penulisan antara lain

 Hal hal yang harus diperhatikan :
1.    berilah jarak 3 spasi antara  table atau gambar dengan teks sebelum dan sesudahnya
2.    judul table atau gambar diketik pada halaman yang sama dengan table atau gambarnya, penyebutan menggunakan table atau gambar
3.    tepi kanan teks tidak harus rata , oleh karena itu kata pada akhir baris tidak harus dipotong. Jika terpaksa dipotong tanda hubungnya ditulis setelah huruf akhir, tanpa disisipi spasi, bukan diletakkan dibawahnya
4.    tempatkan nomor halaman di pojok kanan atas pada setiap halaman , kecuali pada halaman pertama setiap bab dan halaman bagian awal.
5.    Semua nama pengarang dalam daftar rujukan harus ditulis.
6.    Nama awal atau nama tengah dapat disingkat asalkan dilakuan secara konsisten


Hal hal yang tidak boleh dilakukan :
1.    Tidak boleh ada bagian yang kosong pada akhir halaman kecuali jika halamamn tersebut merupakan akhir bab
2.    Tidak boleh memotoing table atau gambar
3.    Tidak boleh memberi garis vertikal antara kolom pada table kecuali terpaksa
4.    Tidak boleh memberi tanda apapun sebagai tanda berakhirnya suatu bab
5.    Tidak boleh menempatkan sub judul dan identitas table pada akhir halaman
6.    Rincian tidak boleh menggunakan tanda hubung (-) tetapi menggunakan bullet (*) untuk penulisan yang dilakukan dengan menggunakan komputer.
7.    Tidak boleh menambah spasi antarkata dalam suatu baris yang bertujuan meratakan tepi kanan
8.    Daftar rujukan tidak boleh diletakkan di kaki halaman atau akhir setiap bab, daftar rujukan hanya dapat ditempatkan setelah bab akhir
Kesimpulan
            Buku masih menjadi media yang digunakan sampai saat ini. Buku sebagai salah satu media dalam penyampaian ilmu pengetahuan menjadi alat yang beperan penting bagi pendidikan. Banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam penulisan buku teks pelajaran, salah satu aspek yang penting dan harus diperhatikan yaitu hendaklah kita memahami tujuan pendidikan nasional dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan buku mulai dari peraturan menteri pendidikan nasional hingga badan standar nasional pendidikan agar buku yang dibuat dapat mendukung tujuan pendidikan nasional.

Name team : Akhmad redy S , Bryan permana , Ahmad fauzi , Satrio Noor Hutomo

Sumber :
Judul     : penulisan bahan ajar dan buku teks pelajaran
Penulis  : fikar sulio
http://fikarsul10.blogspot.com/2012/06/makalah-penulisan-bahan-ajar-dan-buku.html

Judul    : Menulis buku pelajaran
Penulis : Sholahudin

Judul : menulis buku pelajaran sekolah
Penulis : enggar

Judul : meulis buku teks pelajaran
Penulis : rizky zaky

Judul : pembuatan buku teks pelajaran
Penulis : Agus wuryanto
http://aguswuryanto.wordpress.com/2010/09/02/pembuatan-buku-teks-pelajaran/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar