Senin, 08 Oktober 2012

KESIMPULAN HASIL ANALISIS ARTIKEL DENGAN HASIL WAWANCARA PENULIS BUKU TEKS PELAJARAN


Buku merupakan sekumpulan informasi pengetahuan yang dapat dijadikan pedoman atau sumber pengetahuan, maka dalam penulisan buku teks Pelajaran diperlukkan beberapa ketentuan agar buku yang disusun memberikan informasi yang utuh, buku pelajaran perlu disusun dengan cara yang dapat memenuhi keperluan belajar tersebut Dari penjabaran diatas maka dapat kami simpulkan aspek-aspek apa saja yang harus diperhatikan penulis dalam penulisan buku teks, sebagai berikut :
  1.    Aspek Isi/Materi
Aspek ini merupakan bahan pembelajaran yang disajikan di dalam bukupelajaran. Isi buku berkaitan dengan tuntutan kurikulum yang berlaku seperti standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator kompetensi. Untuk mencapai kompetensi itu dalam kurikulum telah disebutkan materi pokok bahan ajar.

  2.    Aspek metode pembelajaran
Penulis juga harus memperhatikan aspek ini,karna aspek ini merupakan pemilihan metode pembelajaran yang tepat dilihat dari segi pengembangan materi isi bahan ajar. penyusunan buku teks pelajaran perlu mengetahui teori belajar yang sesuai:
·                Penyusunan buku teks pelajaran menyajikan bahan atau contoh nyata/konkrit kemudian mengarah ke yang abstrak.
·                Memberikan kesempatan kepada siswa dalam melakukan pengamatan, praktek serta  diskusi terhadap apa yang ditemukan mereka (kemenarikan minat dan perhatian siswa),
·                Memberikan kesempatan kepada siswa berperan serta dalam proses pembelajaran secara aktif (aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan).

Metode pengembangan bahan ajar perlu mengacu pada :
-          Tujuan pembelajaran
-          Karakteristik peserta dididk
-          Karakter bahan ajar
-          Lingkungan belajar
-          Sumber belajar yang tersedia
-          Alokasi waktu

  3.    Aspek bahasa
Aspek bahasa merupakan sarana (alat komunikasi) penyampaian dan penyajian bahan ajar, seperti kosakata, struktur kalimat, panjang paragraf, dan tingkat kemenarikan sesuai dengan minat dan kognisi siswa. Aspek keterbacaan berkaitan dengan tingkat kemudahan bahasa (kosakata, kalimat, paragraph, dan wacana) bagi kelompok atau tingkatan siswa.
Ada tiga ide utama yang terkait dengan keterbacaan, yakni:
·        Kemudahan membaca
·         Kemenarikan
·         Kesesuaian (berhubungan dengan kata dan kalimat, panjang-pendek, frekuensi, bangun kalimat, dan susunan paragraf) yang berkaitan dengan bahasa dan keterbacaan.

4. .         Aspek dalam unsur-unsur grafika
 Dalam penyusunan buku teks, penulis harus juga memperhatikan keindahan dalam packaging buku teks tersebut.Karena penampilan fisik pada buku teks pelajaran akan dapat membangkitkan motivasi peserta didik dalam membaca serta mempelajarinya. Hal-hal yang berkaitan dengan kegrafikaan ini dibahas oleh perancang buku (book designer) penerbit dan penyusun buku teks pelajaran. Yang termasuk kedalam unsur grafika adalah :
-                 Desain buku
-                 Kertas dan ukuran buku
-                 Tipografi
-                 Tata letak kulit dan isi buku 

    TEAM : AKHMAD REDI S
                 AKMAD FAUZI                  
                  BRYAN PERMANA
                 SATRIO NOOR HUTOMO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar