Sabtu, 10 Maret 2012

INOVASI DAN DISKUSI FACEBOOK

  1. PENDAHULUAN

· Latar Belakang

Dewasa ini perkembangan teknologi semakin canggih, para ahli media seakan berlomba-lomba untuk merancang sebuah media yang dapat dimanfaatkan dan mudah diakses oleh orang banyak. Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang dirancang sedemikian rupa untuk menambah teman dan mempererat tali silahturahmi antar manusia. Ada sisi negatif dan positif pastinya. Sisi negatif dari situs ini banyak diberitakan di televisi akhir-akhir ini bahwa banyak orang ilang yang katanya diculik oleh orang melalui situs jejaring sosial ini dan ada pula orang yang menawarkan jual beli wanita dalam situs ini. Tapi, itu hanya sedikit orang yang memanfaatkan situs ini dengan sisi negatifnya untuk mendapatkan keuntungan semata.


Sedangkan sisi positif kita
dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam situs ini yaitu dengan menambah teman sebanyak-banyaknya dan yang dilakukan oleh matakuliah Difusi Inovasi Pendidikan dengan membuka diskusi yang memanfaatkan situs jejaring sosial ini. Karena, sampai saat ini siapa sih yang gak punya FB. Mungkin karena itu Dosen saya mempunyai sebuah inovasi untuk melakukan Diskusi melalui situs ini. Dengan diskusi yang dilakukan ini dapat dilakukan sebuah pengamatan dari diskusi itu sendiri, dan saya akan melakukan pengamatan tersebut.

· Tujuan

Tujuan dari pengamatan ini agar dapat mengetahui hasil yang tepat dan akurat untuk belajar bersama.

· Manfaat

Manfaat hasil survei ini agar mahasiswa dapat mengetahui dan mengerti tentang cara mengamati dan menganalisis hasil dengan benar.

  1. Hasil Survey :

Yang Pertama :

Berikut merupakan hasil dari forum diskusiMata Kuliah Difusi Inoasi Pendidikan yang dilakukan di situs jejaring sosial “facebook”, sewaktu di tanya oleh Dosen ini lah jumlah yang didapatkandari jumlah 38 mahasiswa terdapat 31 Mahasiswa yang Menjawab dan ada pula mahasiswa yang tidak menjawab yaitu berjumlah 7 mahasiswa.

Berikut screen shoot :




















Hasil Kedua dari pengamatan dapat disimpulkan dari total 32 mahasiswa yang menjawab terdapat 30 mahasiswa yang menjawab “Yes” dan 2 mahasiswa yang menjawab “Yes and No”, untuk pilihan jawaban “No” mahasisiwa tidak ada yang menjawab,

berikut hasil screen shoot :




















Ket : Terdapat 3 bentuk (version) bentuk hasil yang saya lakukan.

Hasil ke tiga didapat dari pernyataan mahasiswa yang menjawab “Yes”, “No”, dan “Yes and No” terdapat alasannya dong, nah berikut merupakan alasan yang dihasilkan mahasiswa untuk menjawab pernyataan yes, no, dan yes and no.

Ø Mahasiswa beralasan “Baru pertama kali melakukan diskusi melalui situs jeraring sosial (FB)

Ø Mengacu pada teori Roger tentang sebuah inovasi

Ø Pemanfaatan media yang telah ada

Ø Mengubah peranan belajar, agar tidak dilakukan dikelas atau formal saja

Dari keempat alasan yang diberikan oleh mahasiswa alasan pertama lah yang di pilih paling banyak yaitu 18 mahasiswa, alasan kedua dan ketiga mahasiswa masing-masing memilih yaitu 4 mahasiswa dan yang alasan terakhir yaitu 3 mahasiswa.

Berikut screen shoot dari hasil tersebut :















Hasil pengamatan keempat berikut merupan 2 orang yang menjawab pernyataan dengan jawaban “Yes and No” dengan alasan menjawab “Yes” karena mengacu pada teori Roger tentang inovasi. Dan “No” karena pernah mengikutin diskusi ini sebelumnya. Yang lain “Yes” karena Baru pertama kali dan “No” karena ini tidak bersifat menerus atau hanya sampai matakuliah ini berakhir saja.

Berikut Screen Shoot :















C. PEMBAHASAN

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pernyataan mahasiswa di atas yang memilih “Yes”, “No”, dan “Yes and No”. Pada pengamatan pertama dapat dilihat dari Respon Pernyataan Mahasiswa dihasilkan 2 pernyataan dari total 38 mahasiswa , yang pertama ada 31 Mahasiswa yang menjawab dan ada pula mahasiswa yang tidak menjawab yaitu berjumlah 7 mahasiswa.

Pada pengamatan kedua dapat dilihat dari jumlah total 32 mahasiswa. 30 mahasiswa menjawab “Yes” , 2 mahasiswa menjawab “Yes and No” dan tidak ada yang menjawab “No”. Pada pengamatan ketiga mahasiswa mengunakan alasannya mengapa memilih “Yes”, “No”, “Yes and No”. Terdapat 30 mahasiswa yang mengatakan “Yes” antara lain 18 mahasiswa dengan alasan baru melakukan diskusi pertama kali mengunakan Facebook, 8 mahasiswa berikutnya dengan alasan masing-masing mengacu pada teori Roger dan memanfaatkan media, 4 mahasiswa lain dengan alasan mengubah peranan belajar. Sedangkan pada mahasiswa yang memilih jawaban “Yes and No” memiliki alasan “Yes” karena mengacu pada teori bapak Roger dan baru pertama kali melakukan diskusi di facebook, dan “No” karena pernah sebelumnya mengikuti diskusi seperti ini dan diskusi ini tidak bersifat menerus.

Data tersebut sebenernya belum semua terambil karena adanya mahasiswa yang terlambat memberi komentar jadi harap maklum jika terjadi perbedaan.


D. KESIMPULAN

Berdasarkan dari pengamatan di atas jumlah mahasiswa yang menjawab yes lebih dominan dari yang lain oleh sebab itu ini bisa dikatakan sebuah inovasi karena sebagian mahasiswa menganggap ini merupakan sesuatu yang baru dan itu merupakan pengertian inovasi dari Roger. Dan dengan facebook dimanfaatkan untuk media pembelajaran seperti ini juga merupakan sebuah inovasi jadi setiap mahasiswa online facebook tidak sia sia karena sambil online sambil belajar.

SARAN

Diskusi melalui situs facebook ini menurut saya sangat menyenangkan tetapi bila tidak dijarkom atau di beritahu sebelumnya maka akan sangat memusingkan. Karena jika saat membuka fb dan banyak ketinggalan atau tidak menjawab banyak pertanyaan. Dan andai di setiap matakuliah ada sistem diskusi melalui fb ini pasti akan menyenangkan seperti ini .


E. DAFTAR PUSTAKA

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovation.

http://www.facebook.com/groups/273808582691563/